PENYERAHAN SERTIFIKAT PENDIDIK KUOTA 2008 RAYON 12 UNNES Di Tegal

Satu langkah kini tercapai sudah, bukti ( sertifikat pendidik ) sudah aku pegang sebagai bukti kerja keras dalam mengajar selama ini. Tentunya tinggal menunggu berkas usulan dan akhirya pencairan. Hal ini terlihat dari wajah wajah guru perserta portofolio yang lulus langsung kelihatan tersenyum dan bangga, tidak ada yang bersedih tentunya.

Penyerahan sertifikat pendidik untuk rayon 12 Unnes dilakukan dalam 5 tahap, daerah penerima tersebut adalah meliputi daerah Semarang, Pati, Wonosobo, Pekalongan dan Tegal ( Kab Brebes, kab Tegal, Kota Tegal ).

Untuk daerah Tegal dilakukan pada 9 Desember 2008 di Gedung Nusa Bahari kota Tegal pukul 12.30 Wib. Sebagai pengisi acara dalam acara tersebut dimeriahkan oleh paduan suara Dinas P dan K Kab Brebes, Tarian Gambyong dari siswa SMU Tegal, dan tarian daerah oleh siswa SD dari Kab Tegal.

Hadir dalam acara tersebut Rektor Unnes, Kepala Dinas Pendidikan Prop. Jateng, Bupati dan Kepala Dinas Kabupaten/Kota, Ketua PGRI dan Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota. Ketua DPRD Kabupaten/Kota, dan Anggota DPR RI dari komisi X.

Drs. Sugiyo, M.Si sebagai ketua pelaksana Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 12 mengatakan, Rayon 12 menilai 19 Wilayah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang tersebar di Wilayah Pantura. Pada tahun 2008 mendapatkan kuota menilai 12.000 lebih portofolio. Kuota paling banyak terdapat di Kab Brebes 1014 guru, kab Tegal 500 guru lebih, dan Kota Tegal 400 guru lebih.

Tingkat kelulusan kuota 2008 untuk kota tegal 56 %, kab Tegal 62 % dan kab Brebes 33 % ( 317 guru dari 1014 guru, hebat ya Brebes banyak PLPG nya ). Insya Alloh Brebes harus lebih bangga karena yang PLPG lebih banyak sehingga mesti lebih baik daripada yang lulus portofolio langsung, kata beliau dalam sambutan senyumannya. Janji pemerintah para guru yang lulus sertifikasi akan mendapat tunjangan 1 kali gaji pokok tiap bulannya.

Rektor Unnes Prof. Dr. Sudijono Sastoatmodjo, M.Si dalam pengarahannya mengatakan, setelah menerima sertifikat pendidik para guru tersebut dinyatakan sebagai guru profesional. Guru yang profesional harus melekat empat kompetensi pada dirinya yakni kompetensi Pedagogis, kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, dan Kompetensi Sosial. Keempat kompetensi ini menjadi satu kesatuan yang tidak boleh terpisahkan.

Sertifikat Pendidik yang dibagikan dilapisi dengan 3 tingkat keamanan nomor pelindung, sehingga tidak mudah dipalsukan. Untuk itu Guru bersertifikat pendidik harus melindungi dan menjaga tingkat keprofesionalnya melebihi dari sertifikat yang dimilikinya.

Sementara itu Drs. Sutarmanto, M.Pd.,dalam sambutan tertulisnya mewakili Kepala Dinas Pendidikan Prop Jawa Tengah, mengatakan bahwa di era global sarat dengan tantangan dan persaingan diperlukan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, yang memiliki daya saing kompetitif dan komparatif. Untuk mewujudkan pendidikan yang ideal tersebut dibutuhkan guru yang profesional, kompetensi, dan komitmen tinggi terhadap tugas profesional yang digeluti. Keprofesionalan tersebut yaitu mampu mengkreasi lingkungan belajar secara positif, memberdayakan peserta didik, mengelola dan mengevaluasi proses serta hasil belajar siswa. Dalam hal ini Guru Profesional harus memiliki sikap DISIPLIN dalam arti luas.

Acara ini berlangsung cukup khidmad dan berakhir dengan pembagian sertifikat secara simbolis. Ada pesan sambutan yang cukup menggelikan dalam acara ini, Guru yang sudah besertifikasi jangan sampai menambah pos penerima ( poligami ). Kira kira ada nggak ya. Kita tunggu saja nanti.

Dibalik itu aku cukup prihatin juga, saudara seperjuanganku menerima sertifikat dengan tulisan tahun lahir yang salah, sehingga harus dikembalikan lagi. Yang sabar ya pak, pengusulannya masih lama kan. ( kata admin dinas P dan K Brebes ) .

Akhirnya dengan sujud syukur, semoga sertifikat pendidik yang dimiliki dapat menambah mutu pendidikan bangsa ini, dan semoga untuk rekan rekan saudaraku di kec Tanjung Brebes dalam mengikuti kuota tambahan tahun 2008 dapat menyusul : Slamet Widodo ( Tanjung 06 ), Kateno ( Luwunggede 01 ), Wahyono, Murtini ( Luwungbata ) dan Rokhmad ( Kersana ). Good Luck friend ! PLPG ataukah lulus kah mereka, kita tunggu !

One response to “PENYERAHAN SERTIFIKAT PENDIDIK KUOTA 2008 RAYON 12 UNNES Di Tegal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s