Kepala SD di Ke. Tanjung Brebes mengadakan Studi Banding di SD RSBI Bogor dan Kunjungan Budaya di TMII

Dalam tahun ini segenap Kepala sekolah SD se Kec. Tanjung mengadakan kegiatan yang bersifat akademik dan budaya , yaitu :

1. Studi Banding ke SD Sukadamai 03 Bogor yang berstatus Rintisan Sekolah Berstandar Internasional ( RSBI ).

2. Kegiatan kunjungan Budaya di TMII

Rombongan Kepala SD di Tanjung ini berangkat Minggu 19 April 2009 pukul 10.00 wib, yang didampingi pula oleh Kepala UPT Dinas Pendidikan Tanjung, empat orang Pengawas TK SD, dan empat staf UPTD.

Kegiatan ini didasarkan dengan akan adanya sekolah standar nasional (SSN ) di wilayah kecamatan Tanjung tahun ini, sehingga perlu adanya pengetahuan tambahan untuk pembentukannya. Disamping itu pelaksanannya pun sesuai dengan petunjuk Bupati Brebes agar dibuat sesuai dengan acara kegiatan budaya oleh Duta Seni Brebes di TMII. Dalam hal ini rombongan mendapatkan penginapan gratis, yang merupakan hadiah bagi guru-guru di kec.Tanjung dari Bupati Brebes.

Tim duta kesenian kabupaten Brebes secara rutin setiap tahunnya mengisi pagelaran kesenian mewakili Propinsi Jawa Tengah di anjungan Taman mini indonesia indah (TMII ), pada hari Minggu malam 19 April 2009.

Pada tahun ini tim kesenian membawa dua tampilan yang akan di pertontonkan diantaranya adalah tari greget lenggot brebesan yaitu modifikasi tari jaipong yang sengaja di ciptakan untuk pementasan dan wayang golek brebesan dengan lakon wisudan pusponegoro. Pada pertunjukan para penari greget lenggot brebesan , sambil menari menawarkan beberapa produk unggulan kabupaten brebes seperti telor asin dan beberapa produk lainya , sembari diiringi musik gamelan dan karawitan.

Sedangkan pementasan wayang golek brebesan menampilkan lakon yang bercerita tentang berdirinya kabupaten brebes, pada masa kerajaan mataram di mana para pemberontak dapat di kalahkan dan aryo singosari panoto yudo di nobatkan sebagai Bupati Brebes.

Pertunjukan ini langsung disaksikan oleh Bupati H Indra Kusama beserta rombongan dan sebagai kehormatan pula untuk peserta Studi Banding Kepala SD di Kec. Tanjung dengan mengenakan seragam batik khas Salem yang bernuansa serba merah.

Kepala SD kec tanjung

seni jaipong brebes tari lenggot brebesan

Pada hari kedua, Senin 20 April 2009, rombonganpun melanjutkan kegiatan inti yaitu Studi Banding ke SD Sukadamai 03 Bogor yang berstatus Rintisan Sekolah Berstandar Internasional ( RSBI ).

Metode pembelajaran di SDN Sukadamai 3 sejak ditetapkan menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) karena merupakan satu-satunya SD di Kota Bogor yang telah menerapkan sistem pembelajaran multimedia.

Ruang kelas RSBI ditata dengan rapi. Setiap murid mempunyai meja, kursi dan loker masing-masing. Fasilitas ruang kelas pun dilengkapi fasilitas pendukung pembelajaran multimedia, seperti laptop, LCD, tape recorder multifungsi dan TV edukasi.

Dinding-dinding ruangan kelas dipenuhi pajangan hasil kreativitas murid, baik berupa tugas, hasil penilaian guru maupun karya-karya anak. Pajangan itu merupakan evaluasi pembelajaran portofolio murid.

Untuk menjaga dan memelihara kebersihan ruang kelas, murid tak diperbolehkan menggunakan alas kaki masuk kelas. “Guru tak hanya bertugas mentransfer ilmu pengetahuan kepada murid, tetapi juga memberikan pendidikan dan pembinaan tentang perilaku hidup bersih dan sehat kepada murid,” ujar Kepala SDN Sukadamai 3 Pipip Rosida.

Menurut dia, pembelajaran multimedia merupakan salah satu tuntutan RSBI. Karena itu, SDN Sukadamai 3 berupaya melengkapi ruang kelas RSBI dengan fasilitas pendukung pembelajaran yang berstandar internasional. “Guru yang mengajar di kelas RSBI sudah menerapkan pembelajaran multimedia dengan menggunakan LCD, Laptop, TV edukasi dan tape recorder multimedia. Awalnya, murid-murid RSBI kurang siap, tetapi lama-kelamaan mereka sudah terbiasa,” tuturnya.

Selain melengkapi ruang kelas RSBI dengan fasilitas pembelajaran multimedia, SDN Sukadamai 3 juga sudah menerapkan pembelajaran bilingual. “Guru menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonsia sebagai bahasa pengantar pembelajaran dalam kelas RSBI,” kata Pipip.Pada akhirnya melihat perkembangan yang ada di SD tersebut, maka haruslah ada yang didapat dari kunjungan studibanding ini yang akan diterapkan di sekolah -sekolah kec. Tanjung Brebes untuk menjadikan acuan guna meningkatkan proses belajar mengajar .

sukadamai

sdsukadamai3

sdsukadamai3

Rombongan UPTD Tanjung di Sukadamai03

RSBI2093

One response to “Kepala SD di Ke. Tanjung Brebes mengadakan Studi Banding di SD RSBI Bogor dan Kunjungan Budaya di TMII

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s